100 Poems

100 Poems

Matematika a. carilah nilai mean, median, modusnya
b. carilah nilai Q2, D4, DAN P15

a. carilah nilai mean, median, modusnya
b. carilah nilai Q2, D4, DAN P15

a. Mean, median, dan modus pada tabel di lampiran berturut-turut adalah 14,11, 18, dan 13,5.

b. Kuartil kedua, desil keempat, dan persentil ke-15 pada tabel di lampiran berturut-turut adalah 18, 12,5, dan 18,75.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui:

Tabel di lampiran.

Ditanyakan:

a. Mean, median, dan modus

b. Kuartil kedua, desil keempat, dan persentil ke-15

Jawab:

Perhatikan tabel di lampiran.

Interval       Frekuensi (fi)   fkk     Titik Tengah (xi)   fixi    

2 - 6            6                      6        4                           24

7 - 11            8                      14       9                           72

12 - 16         18                     32      14                          252

17 - 21          3                      35      19                          57

22 - 26        9                      44      24                         216

                   ∑fi = 44                                                    ∑fixi = 621

Mean:

x = ∑fixi/∑fi

⇔ x = [tex]\frac{621}{44}[/tex]

⇔ x = 14,11

Jadi, mean pada tabel tersebut adalah 14,11.

Median atau Kuartil kedua:

Md = Qₙ = [tex]\frac{1}{2}[/tex]([tex]x_{\frac{n}{2}}[/tex] + [tex]x_{\frac{n}{2} +1}[/tex])

⇔ Md = Q₂ = [tex]\frac{1}{2}[/tex]([tex]x_{\frac{44}{2}}[/tex] + [tex]x_{\frac{44}{2} +1}[/tex])

⇔ Md = Q₂ = [tex]\frac{1}{2}[/tex]([tex]x_{22}[/tex] + [tex]x_{23}[/tex])

⇔ Md = Q₂ = [tex]\frac{1}{2}[/tex](18 + 18)

⇔ Md = Q₂ = [tex]\frac{1}{2}[/tex](36)

⇔ Md = Q₂ = 18

Jadi, median atau kuartil kedua pada tabel tersebut adalah 18.

Kelas modus: 12 - 16

Tepi bawah:

L = 12 - 0,5 = 11,5

Tepi atas:

U = 16 + 0,5 = 16,5

Panjang kelas:

p = 16,5 - 11,5 = 5

Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelumnya

d₁ = 18 - 8 = 10

Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sesudahnya

d₂ = 18 - 3 = 15

Modus:

Mo = L + ([tex]\frac{d_1}{d_1+d_2}[/tex]) . p

⇔ Mo = 11,5 + ( [tex]\frac{10}{10+15}[/tex]) . 5

⇔ Mo = 11,5 + [tex]\frac{10}{25}[/tex] . 5

⇔ Mo = 11,5 + 2

⇔ Mo = 13,5

Jadi, modus pada tabel tersebut adalah 13,5.

Karena [tex]\frac{4}{10}[/tex] x 44 = 17,6, maka kelas desil keempat: 12 - 16, sehingga

[tex]L_4[/tex] = 11,5, [tex]fk_4[/tex] = 14, [tex]f_4[/tex] = 18, dan p = 5.

Desil keempat:

[tex]D_i[/tex] = [tex]L_i[/tex] + ([tex]\frac{\frac{i}{10}.n-fk_i}{f_i}[/tex]) . p

⇔ [tex]D_4[/tex] = [tex]L_4[/tex] + ([tex]\frac{\frac{4}{10}.44-14}{18}[/tex]) . p

⇔ [tex]D_4[/tex] = 11,5 + ([tex]\frac{17,6-14}{18}[/tex]) . 5

⇔ [tex]D_4[/tex] = 11,5 + ([tex]\frac{3,6}{18}[/tex]) . 5

⇔ [tex]D_4[/tex] = 11,5 + [tex]\frac{18}{18}[/tex]

⇔ [tex]D_4[/tex] = 11,5 + 1

⇔ [tex]D_4[/tex] = 12,5

Jadi, desil keempat pada tabel tersebut adalah 12,5.

Karena [tex]\frac{15}{100}[/tex] x 44 = 6,6, maka kelas persentil ke-15: 7 - 11, sehingga

[tex]L_{15}[/tex] = 6,5, [tex]fk_{15}[/tex] = 6, [tex]f_{15}[/tex] = 8, dan p = 5.

Persentil ke-15:

[tex]P_i[/tex] = [tex]L_i[/tex] + ([tex]\frac{\frac{i}{100}.n-fk_i}{f_i}[/tex]) . p

⇔ [tex]P_{15}[/tex] = [tex]L_{15}[/tex] + ([tex]\frac{\frac{15}{100}.44-fk_i}{f_i}[/tex]) . p

⇔ [tex]P_{15}[/tex] = 11,5 + ([tex]\frac{17,6-6}{8}[/tex]) . 5

⇔ [tex]P_{15}[/tex] = 11,5 + ([tex]\frac{11,6}{8}[/tex]) . 5

⇔ [tex]P_{15}[/tex] = 11,5 + [tex]\frac{58}{8}[/tex]

⇔ [tex]P_{15}[/tex] = 11,5 + 7,25

⇔ [tex]P_{15}[/tex] = 18,75

Jadi, persentil ke-15 pada tabel tersebut adalah 18,75.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut tentang materi statistika pada brainly.co.id/tugas/1741354

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]